KEUNIKAN DARI KEBUDAYAAN BETAWI

Indonesia merupakan negara maritim atau yang biasa disebut negara kepulauan, selain itu indonesia juga merupakan negara yang beraneka ragam suku, ras, agama dan budaya.
seperti halnya dari DKI Jakarta

DKI Jakarta merupakan salah satu dari 33 provinsi yang ada di Indonesia yang Ibukota-nya yaitu Jakarta dan Jakarta merupakan Ibokota Negara Indonesia. Seperti yang kita ketahui penduduk asli jakarta yaitu orang betawi. Namun, sekarang masyarakat yang di ada di jakarta bukanlah penduduk asli karena jakarta merupakan kota metropolitan dimana banyak sekali masyarakat luar jakarta yang tinggal di jakarta hanya untuk mencari pekerjaan atau merubah nasib.
Walaupun hanya beberapa penduduk asli jakarta ( suku betawi ) yang tinggal di jakarta, namun kesenian dan kebudayaan mereka tetap dilestarikan.

nahh kali ini aku mau kasih tau beberapa informasi tentang suku betawi, mengenai kesenian, kebudayaan serta makanan



KESENIAN & KEBUDAYAAN
Setiap kebudayaan biasanya memiliki keunikan dan ciri khas-nya masing-masing sama seperti kebudayaan betawi, berikut beberapa kesenian dan kebudayaan betawi:

RUMAH ADAT

Rumah kebaya merupakan rumah adat dari suku betawi yang berbentuk kotak sederhana atau bujursangkar. Rumah ini memiliki ruang yang cukup luas untuk bersantai dan di bagian depan dibatasi dengan pagar, disebut dengan rumah kebaya karena memiliki lipatan-lipatan atap seperti kebaya.

PAKAIAN ADAT

Pakaian adat betawi merupakan pakaian adat yang sederhana dari pakaian adat lainnya. pakaian ini dibagi menjadi pakaian pria dan wanita, untik pria biasanya menggunakan baju koko, celana batik, sarung yang digulung dan diikatkan kepinggang, sabuk hijau serta peci berwarna merah. sedangkan wanita biasa menggunakan baju kurung berwarna terang ( mencolok ), kain batik motof geometris dan selendang atau kerudung. 

SENI TARI 
Tari Topeng Betawi
Tari topeng betawi merupakan gabungan dari seni drama, nyanyian dan tarian. Dulunya tari topeng adalah salah satu pertunjukkan teater tradisional namun diselipkan unsur seni tari di dalamnya hingga akhirnya seperti sekarang

Tari Lenggang Nyai
Tari yang menceritakan tentang kisah Nyai Dasimah gadis asal jakarta yang bingung untuk memilih pasangan hidup antara laki-laki belanda dan indonesia. Tari ini diiringi dengan musik gambang kromong dan kostum yang berwarna merah. 

KESENIAN
Ondel-ondel

Ondel-ondel merupakan boneka besar dengan tinggi sekitar 2,5 meter, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalam. Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yg gentayangan di suatu desa. Namun, seiring perkembangan zaman, sekarang ondel-ondel berfungsi untuk menambah semarak pesta rakyat atau untuk menyambut tamu terhormat. sekarang juga terdapat patung ondel-ondel di daerah kemayoran

Lenong

Lenong merupakan pertunjukkan sebuah drama tentang keseharian rakyat betawi dengan ciri khas lawakan dan banyolan-banyolan dan diiringi dengan musik gambang kromong. Pada era 90-an munculah lenong bocah yang pada waktu itu sedang hits-nya, dari kesenian lenong juga telah melahirkan beberapa artis-artis indonesia seperti, ruben onsu, olga, adul, komeng, okky lukman, dll

MAKANAN CIRI KHAS BETAWI 
Kerak telor
Kerak telor berbahan dasar telor, ketan, dan ditambah dengan sangrai kelapa, dengan harga yang terjangkau, makanan ini banyak dijumpai di daerah kemayoran atau di acara spesial seperti Pekan Raya Jakarta yang diadakan setahun sekali.

Roti Buaya
Roti buaya biasanya ada dalam acara pernikahan dan wajib dibawa karena, roti ini memberikan lambang kesetiaan.

Asinan Betawi
Tidak hanya bogor saja yang mempunyai asinan tetapi betawi juga, asinan isi berisi sayur asin, kol, tauge, wortel, kerupuk mie, sambal kacang dan cuka, asinan ini jarang ditemukan keuali di tempat-tempat tertentu.

Rujak Juhi
Mungkin sebagian orang jarang mendengar rujak juhi, rujak juhi berbeda dengan rujak lainnya. Rujak juhi ini berbahan dasar mie kuning, selada, timun, kentang, kerupuk, sambal kacang dan yang paling utamanya yaitu juhi ( cumi kering ), untuk harganya sangat terjangkau. Rujak juhi juga jarang di temukan.

Dodol betawi
dodol ini berasal dari ketan, gula merah dan gula pasir dan santan yang dicampur secara bersamaan dan dimasak di tungku. biasanya masyarakat betawi menikmati dodol betawi dengan didampingi minum teh

Bir pletok
dinamakan bir pletok karena rasanya yang hangat dan ketika diminum di gelas bambu disitulah beradunya bambu dan es, inilah yang menyebabkan bunyi pletok dan dinamakan bir pletok.
bir pletok berbahan dasar jahe, secang, sereh, kayu manis, dan gula pasir.

KESIMPULAN
Walaupun masyarakat betawi sudah tersisihkan dari tempat asalnya namun, tidak halnya dengan kesenian, kebudayaan, dan makanannya yang masih dilestarikan sampai saat ini. Bahkan ada suatu tempat di jakarta selatan dinamakan kampung betawi di daerah setu babakan untuk mengingatkan kepada masyarakat betawi agar tetap melestarikan budaya bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKONOMI KOPERASI : Pengertian, sejarah, prinsip, konsep dan aliran koperasi

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN, HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA, KENDALA DALAM MEWUJUDKAN KINERJA BISNIS ETIS